Piala Euro: Momen-momen Bersejarah di Babak Gugur

Piala Euro: Momen-momen Bersejarah di Babak Gugur

Babak gugur Piala Euro selalu menjadi panggung bagi momen-momen berita bola bersejarah yang dikenang oleh para penggemar sepak bola di seluruh dunia. Di fase ini, setiap pertandingan memunculkan emosi yang menggelora dan drama yang tak terduga. Mari kita telusuri beberapa momen bersejarah yang telah terjadi di babak gugur Piala Euro.

1. Gol Emas Denmark di Final 1992

Piala Euro 1992 menyajikan salah satu momen paling bersejarah dalam sejarah turnamen ini. Denmark, yang sebelumnya tidak lolos ke turnamen, dipanggil untuk menggantikan Yugoslavia yang terdiskualifikasi. Mereka menghadapi Jerman dalam final dan mencetak gol kemenangan melalui John Jensen dan Kim Vilfort, memberikan gelar juara pertama mereka.

2. Gol Bersejarah Oliver Bierhoff di 1996

Pada Piala Euro 1996 di Inggris, Oliver Bierhoff menciptakan sejarah dengan mencetak gol emas untuk Jerman dalam pertandingan final melawan Republik Ceko. Gol tersebut membuat Jerman meraih gelar juara Piala Euro ketiga mereka.

3. Drama Penalti Portugal vs Inggris 2004

Perempat final Piala Euro 2004 antara Portugal dan Inggris menjadi momen dramatis dalam sejarah turnamen ini. Pertandingan berakhir imbang 1-1 setelah waktu normal dan perpanjangan waktu. Dalam adu penalti, Portugal unggul setelah kiper mereka, Ricardo, tidak hanya berhasil membuat penyelamatan, tetapi juga mencetak gol penentu.

4. Kemenangan Euforia Yunani di 2004

Piala Euro 2004 juga menjadi momen bersejarah bagi Yunani, yang meraih gelar juara pertama mereka setelah mengalahkan tuan rumah Portugal di final. Kemenangan Yunani dianggap sebagai salah satu kejutan terbesar dalam sejarah turnamen.

5. Pertandingan Final Terpanas Portugal vs Prancis 2016

Final Piala Euro 2016 antara Portugal dan Prancis juga memiliki tempat di sejarah. Cristiano Ronaldo yang cedera harus ditarik keluar dari pertandingan, tetapi Portugal berhasil menang 1-0 setelah gol penyama kedudukan Eder di waktu tambahan.

6. Kesuksesan Spanyol dalam Menjuarai Euro 2008-2012

Spanyol menciptakan sejarah dengan meraih tiga gelar berturut-turut dalam rentang tahun 2008 hingga 2012. Mereka mengukir dominasi yang mengesankan dengan permainan bola-possession yang indah di bawah kepemimpinan pelatih Vicente del Bosque.

7. Drama Gol Terakhir di Final 1996

Final Piala Euro 1996 antara Jerman dan Republik Ceko juga menghadirkan momen bersejarah. Oliver Bierhoff mencetak gol penyama kedudukan di menit terakhir pertandingan, mengirimkan pertandingan ke perpanjangan waktu. Gol tersebut membuka jalan bagi Jerman untuk memenangkan pertandingan.

Kesimpulan

Babak gugur Piala Euro telah menyajikan momen-momen bersejarah yang akan diingat oleh para penggemar sepak bola selamanya. Dari gol-gol krusial hingga kemenangan yang mengejutkan, setiap pertandingan di fase ini menampilkan drama dan emosi yang membuat turnamen ini begitu istimewa. Momen-momen tersebut menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah olahraga dan memperkaya warisan Piala Euro sebagai salah satu turnamen sepak bola terbesar di dunia.